Kamis, Juli 09, 2009

Mai ita Hakmatek

Hakarak atu moris tenki haka'as an, tamba moris ne'e arte ida oinsa ita bele maneja ita nia an atu hasoru buat oin-oin iha mundo. ema idak-idak iha maneiras oin-oin no talentu ida atu hasoru moris ne'e. Laiha ema ida mak mate sem halo buat ida ba nia moris no ba ema seluk... ema hotu kuando mate sempre rai hela sira nia estoria no hahalok ba ema seluk no nia an rasik wain hira nia sei moris. Le no hanoin to'ok tuir mai hau hakarak atu fo Poezia nebe Avan hakerek hela ba Radio... ho nia titlu mai ita hakmatek...... Mai ita kolu no hisik kosar No kolen loron ida nian Antes ain-fatin sama tatis Hodi simu fali nakukun Nebe mai falun ita dadaun Se’e mak sei haksesuk Para haksesuk Nebe sei barullu Para barullu Nebe kontinua debate Para debate Mai ita hakmatek………………. Fo fatin ba kalan pedasuk ne’e Hodi hanoin hikas fali saida mak ita liu Iha loron ida tomak Atu wainhira ba dukur fatin Mosu netik iha ita mehi Idea no hanoin foun Konaba oinsa hasoru loron aban Atu nune aban loron nakonu ho Justisa Pas No dame Hodi hamate abut injustisa No vilensia iha ita rai doben Timor Lorosae Dili, 070709

Selasa, Juni 02, 2009

Panduan Gmail 1

Pertanyaan yang Acapkali Diajukan Saya perlu bantuan saat masuk ke Gmail. Bagaimana cara mengubah informasi akun, kata sandi, atau pertanyaan keamanan? Apakah yang dimaksud dengan percakapan? Mengapa email saya dikelompokkan? Bagaimana cara menggunakan label? Apa artinya mengarsipkan surat? Bagaimana cara menyingkirkan spam? Apakah Gmail mendukung IMAP atau POP? Sepertinya Gmail lambat. Apa yang dimaksud dengan 'Daftar Kenalan'? Bagaimana cara menggunakan 'Chat'? 1. Saya perlu bantuan saat masuk ke Gmail. Terdapat beberapa alasan umum mengapa pengguna bermasalah saat masuk - mulai dari masalah kata sandi hingga galat sementara di server, atau bahkan terjadi konflik antar perangkat lunak yang bekerja dalam komputer Anda. Mengalami masalah? - Apabila Anda merasa lupa nama pengguna: Pastikan Anda memasukkan nama pengguna yang sama dengan yang Anda masukkan selama proses pembuatan akun Gmail, dan termasuk semua titik (.) yang merupakan bagian nama pengguna. Spasi, tanda hubung, dan garis bawah bukanlah karakter yang valid untuk nama pengguna Gmail, dan semua nama pengguna memiliki panjang minimal enam karakter. Apabila tidak dapat mengingat nama pengguna Anda, ikuti langkah-langkah berikut ini: Kunjungi https://mail.google.com Klik Saya tidak dapat mengakses akun pada laman masuk. Klik tautan Lupa nama pengguna . Masukkan alamat email sekunder (alamat email yang Anda masukkan saat membuat akun Gmail) dalam kolom 'Email'. Klik Kirim. Ketik karakter dalam gambar ke dalam kotak teks, dan klik Kirim. Periksa akun email sekunder untuk pesan yang memuat daftar nama pengguna Gmail yang berkaitan dengan alamat email sekunder. Jika Anda tidak memasukkan alamat email sekunder saat membuat akun Gmail, Anda mungkin dapat memanggil kembali nama pengguna dengan mengklik tautan dalam undangan Gmail. Apabila Anda menerima email dari Tim Gmail di alamat sekunder setelah membuat akun, Anda juga dapat memanggil kembali nama pengguna dari pesan tersebut. - Apabila Anda merasa lupa kata sandi: Untuk mereset kata sandi, silakan ikuti langkah berikut ini: Kunjungi https://mail.google.com Klik Saya tidak dapat mengakses akun pada halaman masuk. Klik tautan Lupa kata sandi . Masukkan nama pengguna Gmail (semua karakter sebelum '@gmail.com') dalam kolom 'Nama pengguna'. Klik Kirim. Ketik karakter dalam gambar ke dalam kotak teks, dan klik Kirim. * Jika Anda telah masuk atau mencoba masuk ke akun tersebut dalam kurun waktu 24 jam, dan ada alamat email sekunder yang terdaftar dalam akun Google Anda, sebuah pesan yang memuat instruksi untuk mereset kata sandi akan dikirim ke alamat tersebut. Mengklik tautan panjang yang terdapat dalam pesan akan membawa Anda ke laman baru yang memungkinkan Anda mengubah kata sandi. Ikuti langkah berikut ini: Masukkan kata sandi baru dalam kolom yang Anda lihat dalam 'Kata sandi baru:' Masukkan kata sandi baru sekali lagi dalam kolom berikut, 'Ketik ulang kata sandi:' Klik tombol yang bertuliskan, 'Reset kata sandi.' * Jika Anda telah masuk atau mencoba masuk ke akun tersebut dalam kurun waktu 24 jam, atau apabila Anda tidak memiliki alamat email sekunder dalam daftar, cukup tunggu 24 jam untuk mereset sandi dengan menjawab pertanyaan keamanan. Harap diperhatikan bahwa dalam rangka mencegah seseorang mencoba memaksa masuk ke akun yang sedang Anda gunakan, pertanyaan keamanan hanya digunakan untuk pemulihan akun setelah sebuah akun dibiarkan diam selama 24 jam. Kami tidak dapat membebaskan persyaratan 24 jam atau mengakses kata sandi Anda dalam keadaan apapun. Setelah menunggu 24 jam, kembali ke laman masuk Gmail dan klik Saya tidak dapat mengakses akun, dan ikuti langkah berikut ini: Klik tautan 'Lupa kata sandi'. Masukkan nama pengguna Gmail (semua karakter sebelum '@gmail.com') dalam kolom 'Nama pengguna'. Klik Kirim. Ketik karakter dalam gambar ke dalam kotak teks, dan klik Kirim. Pada halaman ini, Anda akan melihat kolom di mana Anda dapat memberikan jawaban atas pertanyaan keamanan, yang ditampilkan di atas kolom. Jawablah pertanyaan dan klik Kirim. Jika Anda memberikan jawaban yang benar, Anda akan dibawa ke laman baru yang memungkinkan Anda untuk mereset kata sandi. Pada laman baru ini, masukkan kata sandi baru dalam kolom berikut, 'Kata sandi baru:' Masukkan kata sandi baru dalam kolom berikut, 'Ketik ulang kata sandi:' Klik tombol yang bertuliskan 'Reset kata sandi'. - Apabila Anda telah mencoba masuk ke akun tersebut, tetapi nama pengguna dan kata sandi tidak cocok: Pastikan Anda telah memasukkan semuanya dengan benar dan coba lagi. Harap perhatikan bahwa kolom isian kata sandi peka huruf besar-kecil, jadi pastikan Anda menggunakan huruf besar di saat yang tepat. Anda tidak perlu khawatir akan terkunci dari akun tersebut karena mencoba masuk berkali-kali, karena Gmail tidak membatasi usaha Anda. Jika Anda tetap mengalami masalah, baca informasi di atas dan ikuti instruksi di bawah ini "Apabila Anda merasa lupa kata sandi." - Jika akun Anda dinonaktifkan, dikunci, atau sedang dalam pemeliharaan: Untuk sementara Anda tidak akan dapat mengakses akun tersebut. Anda akan kembali mendapatkan akses sesegera mungkin, biasanya dalam 24 jam. Jika Anda telah masuk, tetapi masih menerima pesan 'Galat Sementara (502)' Hal ini berarti akun Gmail Anda untuk sementara tidak tersedia. Galat semacam ini umumnya teratasi dengan sendirinya dalam beberapa menit, jadi harap tunggu sebentar sebelum mencoba masuk sekali lagi. Harap diperhatikan bahwa saat akun Anda tidak dapat diakses, pesan dan informasi akun tetap aman. - Jika Anda telah masuk, tetapi masih menerima pesan galat lain: Coba bersihkan isi tembolok peramban dan kuki. Untuk instruksi pembersihan tembolok dan kuki, silakan gunakan menu 'Bantuan' dalam peramban. 2. Bagaimana cara mengubah informasi akun, kata sandi, atau pertanyaan keamanan? Gmail memmudahkan Anda memperbarui informasi akun dengan aman. Sekali Anda masuk ke akun tersebut, cukup klik 'Setelan' pada bagian atas laman Gmail, dan bukalah 'Akun'. Di sana, Anda dapat mengubah kata sandi, pertanyaan rahasia, nama yang dikaitkan dengan akun Anda, dan rincian penting lainnya dengan mengklik 'Setelan Google Account.' Pergantian nama di akun Anda umumnya akan segera berlaku. Akan tetapi, beberapa perubahan mungkin saja tidak segera diterapkan sementara server melakukan perbaruan secara periodik. Untuk alasan keamanan, Anda tidak dapat mengubah nama pengguna, dan kami tidak dapat mengubahnya untuk Anda. Jika Anda ingin mencobanya, Gmail menawarkan beberapa cara untuk memvariasikan alamat email Anda dan email-email tetap akan diantar ke akun yang sama. Sebagai contoh, Anda dapat menambahkan ekstensi ke alamat email yang sekarang dengan '+' agar menerima pesan yang dikirim ke nama.pengguna+alias.apapun@gmail.com. Sebagai contoh, pesan dikirim ke si.wati+catatan@gmail.com akan masuk ke si.wati@gmail.com. Cara lain untuk memvariasikan alamat email adalah dengan menambahkan satu titik atau lebih pada alamat. Gmail tidak mengenali titik sebagai karakter dalam nama pengguna, sehingga pesan apapun yang dikirim ke nama.pengguna@gmail.com, n.a.m.a.p.e.n.g.g.u.n.a@gmail.com, dan nama.pengguna.anda@gmail.com akan diantar ke akun Anda, dan hanya untuk Anda. 3. Apa yang dimaksud dengan percakapan? Mengapa email sayadikelompokkan? Gmail mengelompokkan semua balasan dengan pesan aslinya, menjadikannya semacam percakapan. Umpamakan Anda berencana akan makan malam dengan tiga orang teman dekat. Anda mengirim pesan kepada ketiganya yang menanyakan restoran mana yang mau dikunjungi. Dengan Gmail, setiap respons teman Anda akan dikelompokkan dengan pesan asli, menjadi percakapan tunggal dalam surat masuk. Hal ini menjadikan seluruh percakapan bermakna dan membuat surat masuk lebih mudah diatur. Saat Anda membuka satu pesan dalam percakapan, semua pesan terkait akan ditumpuk dengan rapi di atas yang lainnya, seperti setumpuk kartu. Kami menyebutnya Tampilan Percakapan. Dalam Tampilan Percakapan, setiap pesan baru ditumpukkan di atas yang datang sebelumnya, sehingga pesan terbaru selalu dilihat pertama kali. Tidak mungkin menyela percakapan atau secara manual menghubungkan semua pesan untuk membuat percakapan baru. Akan tetapi, Anda dapat menghapus pesan satu-per-satu dari percakapan. Cukup gulir untuk menampilkan pesan yang ingin Anda hapus, dan pada jendela pesan di kanan atas, klik panah turun di samping kata 'Balas' lalu klik 'Hapus pesan ini.' 4. Bagaimana cara menggunakan label? Jika Anda mengenal map sebagai cara untuk mengelola surat, maka label menawarkan cara yang sama untuk mengkategorikan pesan, selain itu Anda dapat menerapkan lebih dari satu label ke suatu pesan maupun percakapan. Alih-alih memilih map untuk menyimpan pesan, Anda dapat melabeli pesan tersebut dengan beberapa label atau lebih. Kemudian, akses pesan atau percakapan dengan mencari nama label, atau dengan mengklik nama label di sepanjang sisi kiri laman Gmail manapun. Anda dapat dengan mudah membuat, menyunting, dan menghapus label yang telah ada dalam akun Gmail. Begini caranya: - Membuat label: Pilih pesan yang ingin Anda beri label dengan mencentang kotak di sebelah nama pengirim. Pilih 'Label baru' dari menu tarik-turun 'Mau diapakan?'. Masukkan nama label baru dalam kotak teks, dan klik OK. Pesan yang dipilih akan secara otomatis dikategorikan di bawah label baru. - Menyunting label: Klik 'Sunting label' di bagian bawah kotak 'Label'. Klik 'ganti nama' di samping label yang ingin disunting. Masukkan nama label yang baru, dan klik OK. Semua pesan yang dikategorikan di bawah nama label lama sekarang akan dikategorikan di bawah label baru. - Menghapus label: Klik 'Sunting label' di bagian bawah kotak 'Label'. Klik 'hapus label' di samping label yang ingin dihapus. Konfirmasi bahwa Anda ingin menghapus label dengan mengklik OK. 5. Apa artinya mengarsipkan surat? Untuk memberdayakan fasilitas Google Search, dan untuk mengurangi kesemrawutan kotak masuk, Anda dianjurkan untuk mengarsipkan percakapan dan pesan. Mengarsip akan memindahkan pesan dari surat masuk. Pesan maupun percakapan yang diarsip akan tetap dapat ditampilkan: - Pada 'Semua Surat' - Pada semua label yang telah Anda terapkan - Saat Anda mencari dalam akun Mengarsip pesan: Pilih pesan yang ingin Anda arsipkan dengan mencentang kotak di sebelah nama pengirim. Klik Arsipkan. 6. Bagaimana cara menyingkirkan spam? Di balik layar, filter spam kami telah memberi perisai pada setiap akun dari spam yang ditujukan ke Gmail yang mana jumlahnya terus bertambah tiap hari. Anda dapat meningkatkan pertahanan Gmail dengan cara terus aktif melaporkan spam manapun yang lolos filter kami. Apabila Anda menemui surat yang tidak diinginkan, cukup klik tombol 'Laporkan sebagai Spam' di ujung pesan. Spam juga datang dalam bentuk pesan yang menipu atau mencurigakan yang mungkin saja meminta informasi pribadi. Anda mungkin pernah mendengar istilah 'phishing' atau 'spoofing,' dan kami juga bekerja untuk melindungi Gmail dari pesan yang tidak diinginkan ini. Apabila Anda mendapatkan pesan yang meminta informasi pribadi atau mencurigakan, berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya dilakukan: - Pastikan domain URL untuk halaman yang diberikan benar, dan apabila Anda mengklik gambar atau tautan, verifikasi dulu apakah Anda menuju langsung ke laman yang sesuai dalam situs tersebut. Sebagai contoh, URL Gmail adalah http://mail.google.com/ atau, untuk keamanan ekstra, https://mail.google.com/. Meskipun beberapa tautan tampaknya memuat 'gmail.com' atau 'google.com,' Anda mungkin dialihkan ke situs lain setelah memasukan alamat tersebut kepada peramban. - Selalu cari ikon kunci pada bilah status di bagian bawah jendela peramban setiap kali Anda memasukkan informasi pribadi, termasuk kata sandi. -Periksa header pesan. Kolom 'Dari:' mudah dimanipulasi untuk menunjukkan nama pengirim yang salah. Jika Anda masih tidak yakin, hubungi organisasi dari mana pesan tersebut dikirimkan. Jangan gunakan alamat tujuan balasan pada pesan tersebut, karena dapat dipalsukan. Alih-alih, kunjungi situs web resmi dari perusahaan tersebut, dan temukan alamat kontak yang berbeda. -Ingat bahwa Gmail tidak mengirimkan pesan yang meminta kata sandi atau informasi pribadi kepada khalayak ramai. Jika Anda menerima pesan yang meminta verifikasi akun Anda, waspadalah. -Jika Anda memasukkan informasi akun maupun pribadi setelah membaca pesan spoof atau phishing, ambil tindakan secepatnya. Jika Anda memasukkan nomor kartu kredit atau rekening bank, hubungi institusi keuangan Anda. Jika Anda merasa menjadi korban pencurian identitas, hubungi penegak hukum setempat.

Panduan Gmail 2

7. Apakah Gmail mendukung IMAP atau POP? Setiap akun Gmail menawarkan baik akses IMAP maupun POP secara gratis. Sudah menjadi tujuan kami agar surat Anda dapat diakses kapanpun dan di manapun Anda inginkan, dan kami mendukung kedua protokol sehingga Anda dapat mengakses surat dengan mudah, di luar antarmuka jaringan Gmail, termasuk layanan seluler. Baik IMAP dan POP menawarkan keuntungan yang berbeda. Sebagai contoh, akses POP baik untuk pengguna yang tidak selalu terhubung ke Internet, karena mengunduh surat dapat diselesaikan dengan cepat. Di sisi lain, akses IMAP menguntungkan bagi koneksi Internet stabil yang memberikan pengalaman lebih banyak di luar antarmuka jaringan Gmail, dengan sinkronisasi dan kemampuan mengelola dan memberi label pesan. Jika Anda kebingungan memilih antara IMAP atau POP untuk akun Gmail, kami menyarankan IMAP. Untuk persiapanakses IMAP atau POP untuk Gmail, pastikan Anda mengaktifkan akses dalam akun. Cukup klik 'Pengaturan' dan lalu klik 'Penerusan dan POP/IMAP' dan pilih sendiri. Jangan lupa mengklik tombol 'Simpan Perubahan' setelah selesai. Juga perhatikan bahwa Gmail tidak mendukung semua aplikasi email secara resmi. Untuk akses IMAP kami secara khusus mendukung aplikasi-aplikasi berikut ini: - Outlook Express (Windows) - Outlook 2003 (Windows) - Outlook 2007 (Windows) - Mail (Mac OS X) - Mail (Mac OS X Leopard) - Windows Mail - Thunderbird 2.0 - iPhone Untuk akses POP, kami secara khusus mendukung: - Outlook Express (Windows) - Outlook 2002 (Windows) - Outlook 2003 (Windows) - Entourage 2004 (Mac) - Entourage X (Mac) - Eudora 5.1 (dan spesifikasi lebih tinggi) (Sponsored & Paid Mode) - Eudora 5.1 (dan spesifikasi lebih tinggi) (Light Mode) - Eudora untuk Macs - Netscape Mail 7.x - Netscape Mail 6.2 - Netscape Mail 4.5, 4.6, or 4.7 - Mail (Mac) - Mozilla 1.7 - Thunderbird 0.x - Thunderbird 1,5 - BlackBerry® Internet Service - iPhone - SnapperMail 8. Sepertinya Gmail lambat. Jika kecepatan Gmail tidak seperti biasanya, kemungkinan penyebabnya adalah penuhnya tembolok peramban web Anda. Ambil waktu beberapa saat untuk keluar dari Gmail dan bersihkan temblok maupu kuki simpanan peramban Anda. Untuk instruksi pembersihan tembolok maupun kuki, silakan gunakan menu 'Bantuan' pada peramban. Bisa saja aplikasi keamanan Internet, firewall, dan antivirus yang terinstal di komputer Anda mencegah Gmail untuk bekerja sebagaimana mestinya. Anda dapat mencoba menonaktifkan sejumlah program yang telah disebutkan di atas sebagai tes untuk melihat apakah hal itu bisa mengatasi masalah. Jika tidak, Anda dapat menghubungi bagian layanan pelanggan perangkat lunak tersebut untuk instruksi mengkonfigurasi perangkat lunak agar bekerja dengan baik dengan Gmail. Akhirnya, untuk kenyamanan pemakaian Gmail, kami menyarankan Anda menggunakan peramban-peramban yang kami dukung berikut ini: - Firefox (versi 0.8 atau yang lebih baru) - Internet Explorer (versi 5,5 atau yang lebih baru) - Mozilla (versi 1.4 atau yang lebih baru) - Netscape (versi 7,1 atau yang lebih baru) - Safari (versi 1,3 atau yang lebih baru) Tanpa memandang tipe peramban, Anda harus mengaktifkan kuki agar dapat menggunakan Gmail. Jika peramban Anda mendukungnya, silakan aktifkan juga JavaScript. Untuk instruksi pengaktifan JavaScript maupun, silakan gunakan menu 'Bantuan' pada peramban Anda. 9. Apa yang dimaksud dengan 'Daftar Kenalan'? Sama dengan buku alamat versi online, Daftar kenalan adalah fitur yang dibuat dalam Gmail yang memberikan akses mudah kepada orang yang ingin Anda hubungi. Semua email kenalan Anda disimpan di sini -- cukup klik 'Daftar Kenalan' di sisi kiri laman Gmail manapun untuk mengakses dan menyunting informasi kenalan Anda. Dalam Daftar Kenalan, Anda dapat membuat, menyunting atau menghapus grup kenalan, melakukan pencarian untuk kenalan yang berbeda, menyusun pesan ke grup kenalan atau banyak kenalan sekaligus, dan bahkan mengimpor atau mengekspor daftar kenalan. Alamat email secara otomatis ditambahkan ke daftar Kenalan setiap kali Anda menggunakan fungsi 'Balas,' 'Balas ke semua,' atau 'Teruskan' untuk mengirim pesan ke alamat yang belum tersimpan dalam daftar Kenalan. Juga, setiap kali Anda mencopot tanda Spam dari suatu email, Daftar Kenalan secara otomatis diperbarui sehingga pesan berikutnya dari pengirim tersebut diterima dalam surat masuk. 10. Bagaimana cara menggunakan 'Chat'? Anda dapat mengirim dan menerima pesan instan secara langsung dalam akun Gmail dengan menggunakan kotak 'Chat' di sisi kiri laman Gmail. Sistem chatting kami menggunakan jaringan Google Talk, sehingga Anda juga bisa chatting dengan jutaan orang yang menggunakan program Google Talk, tanpa memandang apakah mereka menggunakan Gmail sebagai layanan email. Anda juga dapat mengobrol dengan kenalan non-Google selama layanan IM mereka mendukung federasi server ke server terbuka. Anda bisa chatting dengan siapa saja yang memiliki ikon bola berwarna di samping namanya. Saat seseorang online, bola berwarna hijau, kuning, atau merah akan muncul. Berikut adalah cara chatting dengan seseorang yang aktif: - Dari Chat: Temukan nama orang yang ingin Anda ajak chatting. Klik nama orang tersebut untuk membuka jendela obrolan. Masukkan pesan dalam kolom teks, dan klik Enter. Tunggu mereka merespons. Anda juga dapat mencari dari daftar kenalan Anda dengan cara memasukkan nama dalam kotak di bagian atas 'Chat.' Cukup masukkan nama orang yang ingin Anda ajak chatting, lalu masukkan pesan dalam jendela obrolan. - Dari Daftar Kenalan: Klik 'Daftar Kenalan' di sisi kiri laman Gmail manapun. Pilih nama orang yang ingin Anda ajak chatting, dan klik tautan 'Chat' untuk membuka jendela obrolan. Masukkan pesan dalam kolom teks, dan klik 'Enter.' Tunggu mereka merespons. Setelah selesai chatting, klik 'X' di sudut kanan atas untuk menutup jendela. Jika Anda ingin chatting dengan seseorang yang tidak berada dalam daftar mengobrol, cukup undang orang tersebut untuk mengobrol. Anda dapat mengundang seseorang untuk chatting melalui tiga cara berikut ini: - Geser mouse ke nama seseorang dalam Chat, lalu klik 'Undang untuk ngobrol' saat kartu profil yang menyembul. - Klik 'Tambah Kenalan' di bawah Chat -- kemudian, masukkan alamat email teman Anda dalam kotak, dan klik 'tambah.' - Gunakan lengkapi-otomatis dengan memasukkan nama teman Anda dalam kotak di atas Chat. Sekali nama orang yang ingin Anda undang muncul, pilih 'Undang untuk ngobrol.' Jika Anda mengundang seseorang yang tidak menggunakan Gmail atau Google Talk, ia akan diminta mendaftar ke layanan tersebut. Setelahorang tersebut selesai mendaftar, Anda akan dapat mengobrol satu sama lain. - Mengalami masalah dalam menggunakan Chat? Jika Anda melihat pesan yang mengatakan Anda diblokir dari penggunaan chat, kemudian administrator jaringan Anda menonaktifkan fitur chat Gmail untuk semua pengguna dalam jaringan. Anda tidak akan dapat menggunakan chat dalam Gmail setiap kali terhubung ke jaringan di mana pesan galat tersebut muncul. Jika Anda menghendaki penjelasan selengkapnya, kami sarankan Anda menghubungi administrator jaringan. Jika Anda melihat pesan yang mengatakan bahwa chat mengalami 'kesulitan teknis', sepertinya Anda mengalami masalah dengan tembolok peramban. Ambil waktu beberapa saat untuk keluar dari Gmail dan bersihkan tembolok dan kukiperamban Anda. Untuk instruksi pembersihan tembolok dan kuki, silakan gunakan menu 'Bantuan' pada peramban Anda.

Selasa, Mei 26, 2009

Cara Membaca Label Obat

Labels: Farmasi Saat sakit, kita pasti meminum obat yang diberikan oleh dokter atau obat yang dibeli di toko obat/apotik langsung kita minum. Tahukah Anda kalau kita salah cara meminumnya tentu akan berpengaruh terhadap efektivitas obat itu sendiri. Berikut tips cara membaca label obat. Obat dapat menyebabkan rasa ngantuk. Jangan mengendarai kendaraan bermotor atau menjalankan mesin setelah minum obat ini. Biasanya peringatan ini digunakan untuk obat-obat yang menyebabkan rasa ngantuk dan memperlambat daya refleks seseorang. Seperti obat-obat untuk batuk dan pilek (antihistamin). Hindarkan pemakaian alkohol dan obat tidur bersama-sama obat-obatan yang dapat menyebabkan rasa ngantuk karena dapat memperburuk efek samping/rasa ngantuk. Jangan dipecah, ditumbuk atau dikunyah. Obat ini harus ditelan utuh. Label peringatan ini biasanya digunakan untuk tablet atau kapsul yang dibuat khusus agar supaya zat khasiat obat dikeluarkan secara perlahan-lahan di dalam perut atau usus. Obat-obatan ini biasanya diminum satu atau dua kali sehari. Penumbukan akan merusak daya pengeluaran zat khasiat obat secara perlahan-lahan dan khasiat jangka panjang dari obat tersebut. Simpan di tempat yang dingin. Jangan terkena sinar matahari. Simpan di kulkas – jangan di tempat beku (freezer). Sinar dan panas yang berlebihan akan merusak hampir semua obat-obatan. Oleh karena itu lebih baik obat disimpan di tempat sejuk, jauhkan dari makanan mentah. Pembekuan merusak obat-obatan. Jangan makan obat ini bersama dengan susu, antasida atau obat-obatan yang mengandung zat besi. Kalsium (dalam susu) dan obat-obatan yang mengandung zat besi dapat mempengaruhi daya serap dari beberapa obat-obatan seperti tetrasiklin (antibiotic) dan digoksin (obat jantung). Tetapi susu atau tablet yang mengandung zat besi dapat diamkan 2 jam sebelum atau sesudah makan obat ini. Diamkan pada waktu perut kosong, 1 jam sebelum atau 2 jam sesudah makan. Makan obat ini sampai habis. Label peringatan obat ini digunakan pada obat antibiotik, karena obat antibiotic dapat diserap dengan baik dalam keadaan perut kosong. Obat-obatan antibiotik harus dimakan secara teratur dan dalam dosis yang cukup. Minum dan telan pelan-pelan. Jangan ditelan langsung dengan air. Peringatan: obat ini dapat menyebabkan rasa ngantuk. Peringatan ini digunakan untuk obat batuk cair yang memberikan efek pada tenggorokan dan diserap oleh aliran darah untuk meredakan batuk. Ngantuk adalah efek samping yang biasa terjadi. Buang obat setelah tanggal yang ditentukan. Buang obat setelah botol dibuka dan telah lewat dari tanggal yang ditentukan. Obat-obatan yang ring terpapar udara dan cahaya akan cepat rusak. Diatas jangka waktu tertentu, khasiatnya akan hilang. Ini biasanya terjadi pada obat antibiotik, oat tetes mata (resiko terkontaminasi) dan obat tetes telinga. Oleh karena itu harus disimpan di tempat sejuk dan dibuang pada jangka waktu yang ditentukan setelah botol dibuka.

Jumat, April 24, 2009

Diam bersama Tuhan

Di salah satu gereja di Eropa Utara, ada sebuah patung Yesus Kristus yang disalib, ukurannya tidak jauh berbeda dengan manusia pada umumnya. Karena segala permohonan pasti bisa dikabulkan-Nya,maka orang berbondong-bondong datang secara khusus kesana untuk berdoa, berlutut dan menyembah,hampir dapat dikatakan halaman gereja penuh sesak seperti pasar. Di dalam gereja itu ada seorang penjaga pintu, melihat Yesus yang setiap hari berada di atas kayu salib, harus menghadapi begitu banyak permintaan orang, ia pun merasa iba dan di dalam hati ia berharap bisa ikut memikul beban penderitaan Yesus Kristus. Pada suatu hari, sang penjaga pintu pun berdoa menyatakan harapannya itu kepada Yesus. Di luar dugaan, ia mendengar sebuah suara yang mengatakan, "Baiklah! Aku akan turun menggantikan kamu sebagai penjaga pintu, dan kamu yang naik di atas salib itu, namun apapun yang kau dengar, janganlah mengucapkan sepatah kata pun." Si penjaga pintu merasa permintaan itu sangat mudah. Lalu, Yesus turun, dan penjaga itu naik ke atas, menjulurkan sepasang lengannya seperti Yesus yang dipaku diatas kayu salib. Karena itu orang-orang yang datang bersujud, tidak menaruh curiga sedikit pun. Si penjaga pintu itu berperan sesuai perjanjian sebelumnya, yaitu diam saja tidak boleh berbicara sambil mendengarkan isi hati orang-orang yang datang. Orang yang datang tiada habisnya, permintaan mereka pun ada yang rasional dan ada juga yang tidak rasional, banyak sekali permintaan yang aneh-aneh. Namun, demikian, si penjaga pintu itu tetap bertahan untuk tidak bicara, karena harus menepati janji sebelumnya. Pada suatu hari datanglah seorang saudagar kaya, setelah saudagar itu selesai berdoa, ternyata kantung uangnya tertinggal. Ia melihatnya dan ingin sekali memanggil saudagar itu kembali, namun terpaksa menahan diri untuk tidak ber bicara. Selanjutnya datanglah seorang miskin yang sudah 3 hari tidak makan, ia berdoa kepada Yesus agar dapat menolongnya melewati kesulitan hidup ini. Ketika hendak pulang ia menemukan kantung uang yang ditinggalkan oleh saudagar tadi, dan begitu dibuka, ternyata isinya uang dalam jumlah besar. Orang miskin itu pun kegirangan bukan main, "Yesus benar-benar baik, semua permintaanku dikabulkan!" dengan amat bersyukur ia lalu pergi. Diatas kayu salib, "Yesus" ingin sekali memberitahunya, bahwa itu bukan miliknya. Namun karena sudah ada perjanjian, maka ia tetap menahan diri untuk tidak berbicara. Berikutnya, datanglah seorang pemuda yang akan berlayar ke tempat yang jauh. Ia datang memohon agar Yesus memberkati keselamatannya. Saat hendak meninggalkan gereja, saudagar kaya itu menerjang masuk dan langsung mencengkram kerah baju si pemuda, dan memaksa si pemuda itu mengembalikan uangnya. Si pemuda itu tidak mengerti keadaan yang sebenarnya, lalu keduanya saling bertengkar. Di saat demikian, tiba-tiba dari atas kayu salib "Yesus" akhirnya angkat bicara. Setelah semua masalahnya jelas, saudagar kaya itu pun kemudian pergi mencari orang miskin itu, dan si pemuda yang akan berlayar pun bereggas pergi, karena khawatir akan ketinggalan kapal. Yesus yang asli kemudian muncul, menunjuk ke arah kayu salib itu sambil berkata, "TURUNLAH KAMU! Kamu tidak layak berada disana." Penjaga itu berkata, "Aku telah mengatakan yang sebenarnya, dan menjernihkan persoalan serta memberikan keadilan, apakah salahku?" "Kamu itu tahu apa?", kata Yesus. "Saudagar kaya itu sama sekali tidak kekurangan uang, uang di dalam kantung bermaksud untuk dihambur-hamburkannya. Namun bagi orang miskin, uang itu dapat memecahkan masalah dalam kehidupannya sekeluarga. Yang paling kasihan adalah pemuda itu. Jika saudagar itu terus bertengkar dengan si pemuda sampai ia ketinggalan ka pal, maka si pemuda itu mungkin tidak akan kehilangannyawanya. Tapi sekarang kapal yang ditumpanginya sedang tenggelam di tengahlaut." Ini kedengarannya seperti sebuah anekdot yang menggelikan, namun dibalik itu terkandung sebuah rahasia kehidupan... Kita seringkali menganggap apa yang kita lakukan adalah yang paling baik, namun kenyataannya kadang justru bertentangan. Itu terjadi karena kita tidak mengetahui hubungan sebab-akibat dalam kehidupan ini. Kita harus percaya bahwa semua yang kita alami saat ini, baik itu keberuntungan maupun kemalangan, semuanya merupakan hasil pengaturan yang terbaik dari Tuhan buat kita, dengan begitu kita baru bisa bersyukur dalam keberuntungan dan kemalangan dan tetap bersuka cita. Amen

Good luck Mr. Gorsky

Udah tahu belum apa arti dari kalimat "Good luck Mr. Gorsky." dari Neil Amstrong waktu dia mau pulang ke bumi? Begini ceritanya............. Berhati-hatilah dengan apa yang Anda ucapkan karena mungkin ucapan Anda dapat mempengaruhi sejarah! Begini ceritanya: Pada tanggal 20 Juli 1969, komandan Apollo 11 Lunar Module, Neil Armstrong dikenal sebagai manusia pertama yang menjejakkan kakinya di Bulan. Kata-kata pertamanya setelah menjejakkan kakinya adalah "That's one small step for man, one giantleap for mankind" yang disiarkan & didengarkan oleh jutaan pemirsa TV di seluruh bumi. Kemudian persis sebelum dia kembali mendarat di bumi, dia membuat sapaan yang cukup menggelitik "Good Luck,Mr.Gorsky." Pada saat itu, orang-orang di NASA berpikir itu hanyalah semacam sindiran halus untuk menunjuk rival mereka yaitu kosmonot-kosmonot Soviet. Namun, setelah dicek & ricek...tidak ada nama Gorsky di badan Antariksa Amerika maupun Soviet. Bertahun - tahun setelah itu ternyata masih banyak masyarakat yang penasaran & mempertanyakan arti kata Armstrong "Good luck Mr. Gorsky". Tetapi setiap kali ditanyakan, Armstrong hanya tersenyum penuh arti. Pada tanggal 5 Juli 1995 di Tampa Bay, Florida, pada acara wawancara pers seusai pidato, seorang reporter kembali mengajukan pertanyaan yang sudah berusia 26 tahun itu kepada Armstrong. Saat itulah, pada akhirnya Armstrong merespon pertanyaan itu. Dikarenakan Mr. Gorsky telah wafat, Armstrong merasa tidak apa-apa jika dia menjawab pertanyaan itu. Ceritanya bermula begini, pada tahun 1938 ketika Armstrong masih kanak-kanak, dia sedang bermain bola dengan tetangganya di kebun belakang rumahnya. Suatu ketika, temannya menendang bola terlalu keras sehingga bola itu mendarat di halaman sebuah rumah yang tidak jauh dari situ, dan berada persis di bawah jendela kamar tidur. Sang empunya rumah adalah Mr & Mrs Gorsky. Ketika Armstrong kecil sedang merunduk mengambil bola tsb, dia mendengar teriakan Mrs. Gorsky sedang marah ke Mr.Gorsky. Dan bentakan itu yang membuat Armstrong kecil tidak bisa melupakannya seumur hidup: "Sex! You want sex?! You'll get sex when the kid next door walks on the moon!"

KISS (Keep It Simple Stupid)

Ini bagus , memang kadang2 kita disekolahin tinggi2 malah bikin kita jadi mikir yang susah2, padahal penyelesaiannya bisa jadi sangat mudah, naif, dan terkadang agak tolol. Heheheh........ Efisiensi adalah suatu hal yang penting di dalam dunia manajemen. Sebagai seorang anggota tim yang baik, kita memiliki tanggung jawab bukan hanya dalam membawa tim kita mencapai tujuan bersama, tetapi juga tanggung jawab dalam mencari cara terbaik untuk memecahkan setiap masalah yang terjadi. Tetapi seringkali kita terkecoh saat menghadapi suatu masalah, dan walaupun masalah tersebut terpecahkan, tetapi pemecahan yang ada bukanlah suatu pemecahan yang efisien dan justru malah terlalu rumit. Mari kita coba lihat dalam tiga kasus di bawah ini: 1. Salah satu dari kasus yang ada adalah kasus kotak sabun yang kosong, yang terjadi di salah satu perusahaan kosmetik yang terbesar di Jepang. Perusahaan tersebut menerima keluhan dari pelanggan yang mengatakan bahwa ia telah membeli kotak sabun (terbuat dari bahan kertas) kosong. Dengan ! segera pimpinan perusahaan menceritakan masalah tersebut ke bagian pengepakan yang bertugas untuk memindahkan semua kotak sabun yang telah dipak ke departemen pengiriman. Karena suatu alasan, ada satu kotak sabun yang terluput dan mencapai bagian pengepakan dalam keadaan kosong. Tim manajemen meminta para teknisi untuk memecahkan masalah tersebut. Dengan segera, para teknisi bekerja keras untuk membuat sebuah mesin sinar X dengan monitor resolusi tinggi yang dioperasikan oleh dua orang untuk melihat semua kotak sabun yang melewati sinar tersebut dan memastikan bahwa kotak tersebut tidak kosong. Tak diragukan lagi, mereka bekerja keras dan cepat tetapi biaya yang dikeluarkan pun tidak sedikit. Tetapi saat ada seorang karyawan di sebuah perusahaan kecil dihadapkan pada permasalahan yang sama, ia tidak berpikir ten! tang hal-hal yang rumit, tetapi ia muncul dengan solusi yang berbeda . Ia membeli sebuah kipas angin listrik untuk industri yang memiliki tenaga cukup besar dan mengarahkannya ke garis pengepakan. Ia menyalakan kipas angin tersebut, dan setiap ada kotak sabun yang melewati kipas angin tersebut, kipas tersebut meniup kotak sabun yang kosong keluar dari jalur pengepakan, karena kotak sabun terbuat dari bahan kertas yang ringan. 2.Pada saat NASA mulai mengirimkan astronot ke luar angkasa, mereka menemukan bahwa pulpen mereka tidak bisa berfungsi di gravitasi nol, karena tinta pulpen tersebut tidak dapat mengalir ke mata pena. Untuk memecahkan masalah tersebut, mereka menghabiskan waktu satu dekade dan 12 juta dolar. Mereka mengembangkan sebuah pulpen yang dapat berfungsi pada keadaan-keadaan seperti gravitasi nol, terbalik, dalam air, dalam berbagai permukaan termasuk kristal dan dalam derajat temperatur mulai dari di bawa! h titik beku sampai lebih dari 300 derajat Celcius. Dan apakah yang dilakukan para orang Rusia ?.Mereka menggunakan pensil!. 3. Suatu hari, pemilik apartemen menerima komplain dari pelanggannya. Para pelanggan mulai merasa waktu tunggu mereka di pintu lift terasa lama seiring bertambahnya penghuni di apartemen itu. Dia (pemilik) mengundang sejumlah pakar untuk men-solve. Satu pakar menyarankan agar menambah jumlah lift. Tentu, dengan bertambahnya lift, waktu tunggu jadi berkurang. Pakar lain meminta pemilik untuk mengganti lift yang lebih cepat, dengan asumsi, semakin cepat orang terlayani. Kedua saran tadi tentu memerlukan biaya yang tidak sedikit. Tetapi, satu pakar lain hanya menyarankan satu hal, "Inti dari komplain pelanggan anda adalah mereka merasa lama menunggu". Pakar tadi hanya menyarankan untuk menginvestasikan kaca cermin di depan lift, agar pelanggan teralihkan perhatian! nya dari pekerjaan"menunggu" dan merasa "tidak menunggu lift". Moral cerita ini adalah sebuah filosofi yang disebut KISS (Keep It Simple Stupid), yaitu selalu mencari solusi yang sederhana, sehingga bahkan orang bodoh sekalipun dapat melakukannya. Cobalah menyusun solusi yang paling sederhana dan memungkinkan untuk memecahkan masalah yang ada. Maka dari itu, kita harus belajar untuk fokus pada solusi daripada pada berfokus pada masalah. "Bila kita melihat pada apa yang tidak kita punya di dalam hidup kita, kita tidak akan memiliki apa-apa. Tetapi bila kita melihat pada apa yang ada di tangan kita, kita memiliki segalanya."