Selasa, Juni 02, 2009

Panduan Gmail 1

Pertanyaan yang Acapkali Diajukan Saya perlu bantuan saat masuk ke Gmail. Bagaimana cara mengubah informasi akun, kata sandi, atau pertanyaan keamanan? Apakah yang dimaksud dengan percakapan? Mengapa email saya dikelompokkan? Bagaimana cara menggunakan label? Apa artinya mengarsipkan surat? Bagaimana cara menyingkirkan spam? Apakah Gmail mendukung IMAP atau POP? Sepertinya Gmail lambat. Apa yang dimaksud dengan 'Daftar Kenalan'? Bagaimana cara menggunakan 'Chat'? 1. Saya perlu bantuan saat masuk ke Gmail. Terdapat beberapa alasan umum mengapa pengguna bermasalah saat masuk - mulai dari masalah kata sandi hingga galat sementara di server, atau bahkan terjadi konflik antar perangkat lunak yang bekerja dalam komputer Anda. Mengalami masalah? - Apabila Anda merasa lupa nama pengguna: Pastikan Anda memasukkan nama pengguna yang sama dengan yang Anda masukkan selama proses pembuatan akun Gmail, dan termasuk semua titik (.) yang merupakan bagian nama pengguna. Spasi, tanda hubung, dan garis bawah bukanlah karakter yang valid untuk nama pengguna Gmail, dan semua nama pengguna memiliki panjang minimal enam karakter. Apabila tidak dapat mengingat nama pengguna Anda, ikuti langkah-langkah berikut ini: Kunjungi https://mail.google.com Klik Saya tidak dapat mengakses akun pada laman masuk. Klik tautan Lupa nama pengguna . Masukkan alamat email sekunder (alamat email yang Anda masukkan saat membuat akun Gmail) dalam kolom 'Email'. Klik Kirim. Ketik karakter dalam gambar ke dalam kotak teks, dan klik Kirim. Periksa akun email sekunder untuk pesan yang memuat daftar nama pengguna Gmail yang berkaitan dengan alamat email sekunder. Jika Anda tidak memasukkan alamat email sekunder saat membuat akun Gmail, Anda mungkin dapat memanggil kembali nama pengguna dengan mengklik tautan dalam undangan Gmail. Apabila Anda menerima email dari Tim Gmail di alamat sekunder setelah membuat akun, Anda juga dapat memanggil kembali nama pengguna dari pesan tersebut. - Apabila Anda merasa lupa kata sandi: Untuk mereset kata sandi, silakan ikuti langkah berikut ini: Kunjungi https://mail.google.com Klik Saya tidak dapat mengakses akun pada halaman masuk. Klik tautan Lupa kata sandi . Masukkan nama pengguna Gmail (semua karakter sebelum '@gmail.com') dalam kolom 'Nama pengguna'. Klik Kirim. Ketik karakter dalam gambar ke dalam kotak teks, dan klik Kirim. * Jika Anda telah masuk atau mencoba masuk ke akun tersebut dalam kurun waktu 24 jam, dan ada alamat email sekunder yang terdaftar dalam akun Google Anda, sebuah pesan yang memuat instruksi untuk mereset kata sandi akan dikirim ke alamat tersebut. Mengklik tautan panjang yang terdapat dalam pesan akan membawa Anda ke laman baru yang memungkinkan Anda mengubah kata sandi. Ikuti langkah berikut ini: Masukkan kata sandi baru dalam kolom yang Anda lihat dalam 'Kata sandi baru:' Masukkan kata sandi baru sekali lagi dalam kolom berikut, 'Ketik ulang kata sandi:' Klik tombol yang bertuliskan, 'Reset kata sandi.' * Jika Anda telah masuk atau mencoba masuk ke akun tersebut dalam kurun waktu 24 jam, atau apabila Anda tidak memiliki alamat email sekunder dalam daftar, cukup tunggu 24 jam untuk mereset sandi dengan menjawab pertanyaan keamanan. Harap diperhatikan bahwa dalam rangka mencegah seseorang mencoba memaksa masuk ke akun yang sedang Anda gunakan, pertanyaan keamanan hanya digunakan untuk pemulihan akun setelah sebuah akun dibiarkan diam selama 24 jam. Kami tidak dapat membebaskan persyaratan 24 jam atau mengakses kata sandi Anda dalam keadaan apapun. Setelah menunggu 24 jam, kembali ke laman masuk Gmail dan klik Saya tidak dapat mengakses akun, dan ikuti langkah berikut ini: Klik tautan 'Lupa kata sandi'. Masukkan nama pengguna Gmail (semua karakter sebelum '@gmail.com') dalam kolom 'Nama pengguna'. Klik Kirim. Ketik karakter dalam gambar ke dalam kotak teks, dan klik Kirim. Pada halaman ini, Anda akan melihat kolom di mana Anda dapat memberikan jawaban atas pertanyaan keamanan, yang ditampilkan di atas kolom. Jawablah pertanyaan dan klik Kirim. Jika Anda memberikan jawaban yang benar, Anda akan dibawa ke laman baru yang memungkinkan Anda untuk mereset kata sandi. Pada laman baru ini, masukkan kata sandi baru dalam kolom berikut, 'Kata sandi baru:' Masukkan kata sandi baru dalam kolom berikut, 'Ketik ulang kata sandi:' Klik tombol yang bertuliskan 'Reset kata sandi'. - Apabila Anda telah mencoba masuk ke akun tersebut, tetapi nama pengguna dan kata sandi tidak cocok: Pastikan Anda telah memasukkan semuanya dengan benar dan coba lagi. Harap perhatikan bahwa kolom isian kata sandi peka huruf besar-kecil, jadi pastikan Anda menggunakan huruf besar di saat yang tepat. Anda tidak perlu khawatir akan terkunci dari akun tersebut karena mencoba masuk berkali-kali, karena Gmail tidak membatasi usaha Anda. Jika Anda tetap mengalami masalah, baca informasi di atas dan ikuti instruksi di bawah ini "Apabila Anda merasa lupa kata sandi." - Jika akun Anda dinonaktifkan, dikunci, atau sedang dalam pemeliharaan: Untuk sementara Anda tidak akan dapat mengakses akun tersebut. Anda akan kembali mendapatkan akses sesegera mungkin, biasanya dalam 24 jam. Jika Anda telah masuk, tetapi masih menerima pesan 'Galat Sementara (502)' Hal ini berarti akun Gmail Anda untuk sementara tidak tersedia. Galat semacam ini umumnya teratasi dengan sendirinya dalam beberapa menit, jadi harap tunggu sebentar sebelum mencoba masuk sekali lagi. Harap diperhatikan bahwa saat akun Anda tidak dapat diakses, pesan dan informasi akun tetap aman. - Jika Anda telah masuk, tetapi masih menerima pesan galat lain: Coba bersihkan isi tembolok peramban dan kuki. Untuk instruksi pembersihan tembolok dan kuki, silakan gunakan menu 'Bantuan' dalam peramban. 2. Bagaimana cara mengubah informasi akun, kata sandi, atau pertanyaan keamanan? Gmail memmudahkan Anda memperbarui informasi akun dengan aman. Sekali Anda masuk ke akun tersebut, cukup klik 'Setelan' pada bagian atas laman Gmail, dan bukalah 'Akun'. Di sana, Anda dapat mengubah kata sandi, pertanyaan rahasia, nama yang dikaitkan dengan akun Anda, dan rincian penting lainnya dengan mengklik 'Setelan Google Account.' Pergantian nama di akun Anda umumnya akan segera berlaku. Akan tetapi, beberapa perubahan mungkin saja tidak segera diterapkan sementara server melakukan perbaruan secara periodik. Untuk alasan keamanan, Anda tidak dapat mengubah nama pengguna, dan kami tidak dapat mengubahnya untuk Anda. Jika Anda ingin mencobanya, Gmail menawarkan beberapa cara untuk memvariasikan alamat email Anda dan email-email tetap akan diantar ke akun yang sama. Sebagai contoh, Anda dapat menambahkan ekstensi ke alamat email yang sekarang dengan '+' agar menerima pesan yang dikirim ke nama.pengguna+alias.apapun@gmail.com. Sebagai contoh, pesan dikirim ke si.wati+catatan@gmail.com akan masuk ke si.wati@gmail.com. Cara lain untuk memvariasikan alamat email adalah dengan menambahkan satu titik atau lebih pada alamat. Gmail tidak mengenali titik sebagai karakter dalam nama pengguna, sehingga pesan apapun yang dikirim ke nama.pengguna@gmail.com, n.a.m.a.p.e.n.g.g.u.n.a@gmail.com, dan nama.pengguna.anda@gmail.com akan diantar ke akun Anda, dan hanya untuk Anda. 3. Apa yang dimaksud dengan percakapan? Mengapa email sayadikelompokkan? Gmail mengelompokkan semua balasan dengan pesan aslinya, menjadikannya semacam percakapan. Umpamakan Anda berencana akan makan malam dengan tiga orang teman dekat. Anda mengirim pesan kepada ketiganya yang menanyakan restoran mana yang mau dikunjungi. Dengan Gmail, setiap respons teman Anda akan dikelompokkan dengan pesan asli, menjadi percakapan tunggal dalam surat masuk. Hal ini menjadikan seluruh percakapan bermakna dan membuat surat masuk lebih mudah diatur. Saat Anda membuka satu pesan dalam percakapan, semua pesan terkait akan ditumpuk dengan rapi di atas yang lainnya, seperti setumpuk kartu. Kami menyebutnya Tampilan Percakapan. Dalam Tampilan Percakapan, setiap pesan baru ditumpukkan di atas yang datang sebelumnya, sehingga pesan terbaru selalu dilihat pertama kali. Tidak mungkin menyela percakapan atau secara manual menghubungkan semua pesan untuk membuat percakapan baru. Akan tetapi, Anda dapat menghapus pesan satu-per-satu dari percakapan. Cukup gulir untuk menampilkan pesan yang ingin Anda hapus, dan pada jendela pesan di kanan atas, klik panah turun di samping kata 'Balas' lalu klik 'Hapus pesan ini.' 4. Bagaimana cara menggunakan label? Jika Anda mengenal map sebagai cara untuk mengelola surat, maka label menawarkan cara yang sama untuk mengkategorikan pesan, selain itu Anda dapat menerapkan lebih dari satu label ke suatu pesan maupun percakapan. Alih-alih memilih map untuk menyimpan pesan, Anda dapat melabeli pesan tersebut dengan beberapa label atau lebih. Kemudian, akses pesan atau percakapan dengan mencari nama label, atau dengan mengklik nama label di sepanjang sisi kiri laman Gmail manapun. Anda dapat dengan mudah membuat, menyunting, dan menghapus label yang telah ada dalam akun Gmail. Begini caranya: - Membuat label: Pilih pesan yang ingin Anda beri label dengan mencentang kotak di sebelah nama pengirim. Pilih 'Label baru' dari menu tarik-turun 'Mau diapakan?'. Masukkan nama label baru dalam kotak teks, dan klik OK. Pesan yang dipilih akan secara otomatis dikategorikan di bawah label baru. - Menyunting label: Klik 'Sunting label' di bagian bawah kotak 'Label'. Klik 'ganti nama' di samping label yang ingin disunting. Masukkan nama label yang baru, dan klik OK. Semua pesan yang dikategorikan di bawah nama label lama sekarang akan dikategorikan di bawah label baru. - Menghapus label: Klik 'Sunting label' di bagian bawah kotak 'Label'. Klik 'hapus label' di samping label yang ingin dihapus. Konfirmasi bahwa Anda ingin menghapus label dengan mengklik OK. 5. Apa artinya mengarsipkan surat? Untuk memberdayakan fasilitas Google Search, dan untuk mengurangi kesemrawutan kotak masuk, Anda dianjurkan untuk mengarsipkan percakapan dan pesan. Mengarsip akan memindahkan pesan dari surat masuk. Pesan maupun percakapan yang diarsip akan tetap dapat ditampilkan: - Pada 'Semua Surat' - Pada semua label yang telah Anda terapkan - Saat Anda mencari dalam akun Mengarsip pesan: Pilih pesan yang ingin Anda arsipkan dengan mencentang kotak di sebelah nama pengirim. Klik Arsipkan. 6. Bagaimana cara menyingkirkan spam? Di balik layar, filter spam kami telah memberi perisai pada setiap akun dari spam yang ditujukan ke Gmail yang mana jumlahnya terus bertambah tiap hari. Anda dapat meningkatkan pertahanan Gmail dengan cara terus aktif melaporkan spam manapun yang lolos filter kami. Apabila Anda menemui surat yang tidak diinginkan, cukup klik tombol 'Laporkan sebagai Spam' di ujung pesan. Spam juga datang dalam bentuk pesan yang menipu atau mencurigakan yang mungkin saja meminta informasi pribadi. Anda mungkin pernah mendengar istilah 'phishing' atau 'spoofing,' dan kami juga bekerja untuk melindungi Gmail dari pesan yang tidak diinginkan ini. Apabila Anda mendapatkan pesan yang meminta informasi pribadi atau mencurigakan, berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya dilakukan: - Pastikan domain URL untuk halaman yang diberikan benar, dan apabila Anda mengklik gambar atau tautan, verifikasi dulu apakah Anda menuju langsung ke laman yang sesuai dalam situs tersebut. Sebagai contoh, URL Gmail adalah http://mail.google.com/ atau, untuk keamanan ekstra, https://mail.google.com/. Meskipun beberapa tautan tampaknya memuat 'gmail.com' atau 'google.com,' Anda mungkin dialihkan ke situs lain setelah memasukan alamat tersebut kepada peramban. - Selalu cari ikon kunci pada bilah status di bagian bawah jendela peramban setiap kali Anda memasukkan informasi pribadi, termasuk kata sandi. -Periksa header pesan. Kolom 'Dari:' mudah dimanipulasi untuk menunjukkan nama pengirim yang salah. Jika Anda masih tidak yakin, hubungi organisasi dari mana pesan tersebut dikirimkan. Jangan gunakan alamat tujuan balasan pada pesan tersebut, karena dapat dipalsukan. Alih-alih, kunjungi situs web resmi dari perusahaan tersebut, dan temukan alamat kontak yang berbeda. -Ingat bahwa Gmail tidak mengirimkan pesan yang meminta kata sandi atau informasi pribadi kepada khalayak ramai. Jika Anda menerima pesan yang meminta verifikasi akun Anda, waspadalah. -Jika Anda memasukkan informasi akun maupun pribadi setelah membaca pesan spoof atau phishing, ambil tindakan secepatnya. Jika Anda memasukkan nomor kartu kredit atau rekening bank, hubungi institusi keuangan Anda. Jika Anda merasa menjadi korban pencurian identitas, hubungi penegak hukum setempat.

Tidak ada komentar: